Rabu, 21 November 2012

Hubungan Jarak jauh??Why not???

Percintaan akan lebih rentan dijalani manakala pasangan harus berpisah atau tidak dalam jangkauan satu wilayah. Kendati teknologi telah canggih dan munculnya beberapa media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai pelancar komunikasi justru seakan memeiliki efek bumerang tersendiri.
Tengok saja kecanggihan kemunculan beberapa smartphone saat ini. Mungkn sejenak mampu menghapus jarak ketika komunikasi begitu lancar tak kenal waktu. Adakah indikasi kesetian Dia kepada Anda mampu terjaga? Manakala ia mampu berkomunikasi juga dengan yang lainnya, senyaman dan semudah berkomunikasi dengan Anda dengan kecanggihan alat yang ada.
Selain itu media sosial yang juga mampu merekatkan kemesraan yang Anda bina seringkali juga begitu mudahnya mematahkan jalinan kasih yang terangkai sedemikian lama. Lihatlah kasus salah paham karena tulisan perasaan atau komentar orang lain yang mengundang kecemburuan. Akibatnya tak sedikit orang berubah untuk menepis kepercayaan dan memupuskan hubungan.
Padahal media dan alat diciptakan semata bertujuan untuk mempermudah komunikasi, terutama bagi mereka yang berpisah sementara waktu. Ada kalanya perpisahan semacam ujian. Ketika Anda dan pasangan mampu melewatinya maka akan timbul semacam kelayakan untuk meneruskan hubungan dan mengikuti episode ujian selanjutnya. Jika tidak, maka itu sinyal bagi Anda untuk segera berbenah dan menemukan yang lain yang lebih baik. Meskipun demikian kadang pula masing-masing pihak melakukan kesalahan yang dapat memicu rasa kurang nyaman. Pada titik tersebut, jangan ragu meminta maaf. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa Anda adalah pasangan yang mengerti dan itu merupakan salah satu dari hal-hal dasar dalam pernikahan.
Bagi Anda yang mungkin sedang mengikuti dan menjalani percintaan jarak jauh, mungkin beberapa saran berikut dapat mengatasi kegelisahan dan beberapa masalah yang seringkali muncul ketika jarak memisahkan. Sehingga sangat pentinf adalah:
1. Perhatian
Perhatian sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan. Perhatian membuat setiap pasangan dihargai, dimengerti, dipedulikan, dirasakan keberadaannya. Dengan memperhatikan satu sama lain, kita juga berarti masih peduli satu sama lain dan menandakan masih saling menyayangi. Perhatian bisa dilakukan dengan cara menelpon menanyakan keadaannya, membantu memberi solusi, dll.
2. Positif Thinking
Positif thinking atau berpikir positif diperlukan untuk mencegah kecurigaan-kecurigaan terhadap pasangan kita. Dengan positif thinking kita bisa menghindari kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kesal atau bahkan marah. Selain itu positif thinking juga mengajarkan kita untuk selalu berpikir kearah yang baik. Positif Thinking bisa kita lakukan misalnya jika pasangan anda tidak menhubungi-menghubungi anda, pikirkanlah dia sedang sibuk atau anda bisa menghubunginya lebih dahulu, dan selalulah mendengarkan penjelasannya terlebih dahulu.
3. Pengendalian Diri
Inilah ‘P’ yang ketiga, yaitu pengendalian diri. Selain perhatian dan positif thinking, kita juga perlu pengendalian diri, agar kita tidak terkait kelain hati. Pengendalian diri membuat kita tetap setia pada pasangan kita. Pengendalian diri membuat kita selalu ingat pada pasangan kita. Nikmatilah kesetian itu. Pengendalian diri misalnya bisa dilakukan dengan tidak berusaha mencari pasangan baru, atau menggoda orang lain.
4. Komunikasi
Yang terakhir adalah Komunikasi. Komunikasi adalah hal yang penting untuk tetap menjaga keberadaan satu sama lain. Walaupun pacaran jarak jauh, dengan adanya komunikasi, bukan hal mustahil kita bisa merasa lebih dekat dengan si dia. Jangan pernah abaikan komunikasi, karena komunikasi adalah tonggak utama dalam hal hubungan jarak jauh. Apalagi zaman modern sekarang komunikasi semakin murah dan mudah. Sebaiknya kita juga bisa melakukan komunikasi dengan variatif, misalnya SMS, telepon, email, video call, bahkan surat juga diperlukan untuk komunikasi yang lebih romantis.
5. Jagalah komitmen yang disepakati bersama Pasangan
Ketika anda memutuskan pilihan untuk menjalani hubungan bersama kekasih anda yang mana anda sudah tahu akan berbagai konsekuensinya seperti Biaya Komunikasi yang besar, jarang bertemu sampai kepercayaan anda terhadap si dia dalam hal menjaga hati agar tidak mudah cemburu serta curiga dengan kegiatan kegiatan si dia.
Ketika terjadi suatu kesalah pahaman, pikirkanlah komitmen yang anda buat bersama pasangan agar tidak mudah ada kata putus yang terucap.
6. Jangan Ada Rahasia
Sebaiknya anda saling jujur tentang kegiatan yang anda lakukan, hal ini dapat mencegah adanya kesalah pahaman. dan bersangkutan dengan hal hal yang lebih pribadi sebaiknya anda tidak mencampuri karena Anda tetap harus menghargai privacy pasangan.
7. Memberi Kejutan
Pada momen tertentu berikan dia kejutan agar hubungan yang kalian jalani tidak monoton, kejutan ini bisa berupa anda tiba tiba datang mengunjunginya tanpa memberi tahunya terlebih dahulu, atau memberikan hadiah pada saat dia ulang tahun ini adalah moment yang sangat spesial. selain itu anda juga bisa mengiriminya kue hasil buatan anda sendiri.
8. Tetap Bersosialisasi
Anda tetap harus punya kegiatan dan berkumpul dengan teman-teman. Membangun relasi dan persahabatan juga membantu meningkatkan kepercayaan diri.
Demikian juga saat ia ingin hangout dengan teman-temannya, Anda tetap harus memberikan kepercayaan padanya.
9. Rencana untuk Masa Depan
Pasangan harus punya planning ke depan untuk hubungan yang lebih serius, yang akan membantu menguatkan hubungan dan menjaga satu sama lain, sekalipun berjauhan. Hubungan tanpa tujuan, hanya akan membuat Anda jenuh dan merasa digantung.
10. Tetapkan peraturan
Untuk menghindari salah paham dan hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda menetapkan beberapa aturan dasar. Misalnya, berapa lama harus bertemu, apakah setiap hari harus menelepon, adakah hari khusus dimana anda harus bertemu, serta berbagai aturan main lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan cinta, ini beberapa di antaranya.
1. Mencari kegiatan lain
Ubah kegiatan yang biasa Anda lakukan bersama pasangan. Jika Anda biasanya hanya menghabiskan waktu dengan menonton bioskop, jalan ke pusat perbelanjaan dan makan malam, coba cari kegiatan lain. Bermain ke taman hiburan, berolahraga bersama atau sekedar menyelesaikan mainan puzzle yang rumit bersama mungkin akan mengembalikan perasaan dan ketertarikan Anda terhadap pasangan juga hubungan.
2. Merencanakan kencan istimewa
Rasa bosan juga bisa datang karena Anda dan pasangan terlalu sibuk dengan urusan masing-masing. Sehingga rasa ketertarikan seperti yang terjadi di awal hubungan semakin lama semakin hilang. Coba pilih tanggal istimewa (misalnya tanggal memulai hubungan), lalu rencanakan kegiatan bersama pasangan. Misalnya merancang makan malam romantis, namun hidangannya dibuat oleh Anda dan pasangan. Kemesraan pasti akan kembali terjalin.
3. Kejutan
Siapapun menyukai kejutan. Coba kejutkan pasangan Anda dengan kartu berisi kata-kata manis, pesan singkat romantis atau hadiah kecil yang istimewa. Kejutan itu akan memanaskan kembali api asmara Anda yang mulai padam.
4. Memiliki kegiatan dengan sahabat
Mungkin saja Anda dan pasangan terlalu sering menghabiskan waktu bersama, sehingga rasa bosan timbul. Ada baiknya Anda dan pasangan kembali melakukan kegiatan dan hobi masing-masing bersama sahabat. Saat Anda berbeda kegiatan, rasa rindu akan timbul. Saat bertemu kembali, rasa bosa tak lagi terasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar